Hey..

Hey..
enjoy me ;)

Monday, February 21, 2011

Menghargai uang

Berita duka saya sampaikan sedalam-dalamnya untuk diri saya sendiri, atas rusaknya hape sony ericsson milik saya hingga harus diganti dengan hape baru merk nokia hiks..hiks..
Hape Sony Ericsson ku emang ga secanggih Blackberry, tapi SE ku ini punya fitur yang aku suka banget, yaitu aplikasi nulis blog, dimana aku bisa langsung nulis+download foto atau gambar, terus di publish di blog ini deh. Makanya blog ini namanya "Citcit's mobile blog". Tapi apa bole buat... si hape rusak mulu, akhirnya dengan amat sangat terpaksa aku beli hape baru lagi merk nokia, dengan pertimbangan nokia lebih awet dibanding SE. Ni bukan promo loh. Aku emang lebih suka SE dibanding Nokia.

Semenjak bekerja, aku belajar mandiri dengan membeli semua kebutuhan pake uang ku sendiri, alias ga minta orang tua. Beuh.. nyesek juga yak?? hehehe dulu, waktu cuma nadahin tangan ama orang tua, kayanya enaaaaak banget minta ini-minta itu. Sekarang baru ngerasain kalo nyari duit itu ternyata sussssaaaahhhhhhhhhhahahah..

Kerja jadi guru, berangkat pagi-pulang malem, dan harus belajar tiap hari, tapi penghasilan mentok di 1.5 juta. Kerja di kantor, dengan perhitungan ongkos dan makan sekian, cuma dapet 2 jutaan. Yang gajinya diatas 2 juta, blm tentu terjamin masa depannya. Ada lagi yang gajinya belasan atau puluhan juta, tapi ga punya waktu luang buat keluarga. Yang cuma nyapu di jalan, jadi pemboti atau buruh kasar pabrik apalagi.. lebih murah bayarannya.. huffff.. Hidup harus disyukuri..

Anyway, aku beli hape baruku ini di Smart Electronic, di Hypermall Bekasi pas hari minggu kemarin (karena bisa pake creditcard). Wah, ternyata rame juga ya? Ga ngaruh tanggal muda, tanggal tua atau tanggal ABG hehehe.. Orang-orang sampe pada ngantri loh mu beli gadget. Ada yang beli BB, Hape Android atau hape keluaran terbaru, Mp3/Mp4/Music player (ga tau dah apaan), kamera, dll. Wah, mantap..

Setelah beli hape, kita pulang nih ngelewatin beberapa resto franchise yang namanya udah familiar banget dimana-mana. Weleh-weleh.. rame betul! Langsung pulang aja dah, duit udah kekuras abis soalnya+_+

Mungkin, bagi sebagian orang, 1 juta, 2 juta atau bahkan 5 juta bukanlah apa-apa. Kebutuhan gadget yang canggih bikin nilai rupiah semakin terlihat kecil. Apalagi 20 ribu, 30 ribu.. Jiah.. dianggep receh kali ye? Tanpa kita sadari, ketika kita lagi jalan-jalan di Mall atau kemana aja terus laper, kita suka ngasi pendapat, "Makan di resto A atau B aja.. lebih murah.." atau "ke tempat makan C yuk, enak tau.." Kita ngasi pendapat kaya gitu karena resto atau tempat makan tersebut menyajikan makanan dengan harga  minimal 20ribu. Hmmm...


Rebutan diskon, soalnya lagi murah banget nget nget... CUMA seratus ribuan...

Pernah ga sih kita ngebayangin kalo sebagian manusia di dunia, di Indonesia atau khususnya di Jakarta banyak yang hidup dibawah garis kemiskinan? Yang sampe makan nasi pake garem aja atau makan nasi sisa (nasi aking) udah harus bersyukur banget . Bahkan di Solo, Jawa Tengah, ada orang yang sampe makan daging tikus saking susahnya. eeeuuuh...

Indonesia adalah salah satu negara berkembang dengan jumlah sumber daya manusia yang berlimpah. Katanya sih, tingkat kemiskinan di negara kita sudah berkurang. Kalo liat orang-orang di Mall sih kayanya bener, tapi kalo ngeliat di pinggir jalan atau di kampung-kampung... kayanya enggak deh. Banyak banget kaum duafa yang mesti disantunin. Ironisnya, ketimpangan ekonomi ini bisa kita lihat dengan amat sangat jelas tapi tetep ga bikin mata hati kita terbuka.


Jakarta nan elit..


Ini salah satu anak yang hidup di Indonesia loh

Ga banyak yang bisa kutulis di blog hari ini, karena contoh-contoh kemiskinan di Indonesia tuh ga keitung banyaknya. Cuma ingin mengingatkan saudara-saudari ku semua, sebelum membelanjakan banyak uang untuk sekedar makan, jalan-jalan, atau membeli kepentingan tersier, ada baiknya kita mengingat betapa sulitnya mencari rupiah.. dan betapa tak terhitung jumlah saudara-saudari kita yang butuh sedikit harta kita untuk makan. Yup, bukan untuk bersenang-senang, tapi untuk m-a-k-a-n. Bagi mereka, 20 ribu sangat amat berarti sampe-sampe mungkin bisa untuk makan 2 hari.

Sifat konsumtif hanya akan menjadi bumerang bagi kita semua, karena kita terdidik untuk mengandalkan nafsu dalam berbelanja saja dengan sedikit manfaat. Ketika kita sadari hal yang kita inginkan bukanlah yang terbaik untuk kita, maka kita akan sangat merasa merugi.

Semoga blog ini bisa jadi renungan untuk kita semua..

Best regards and lots of love,

Citcitcuit

No comments:

Post a Comment