Hey..

Hey..
enjoy me ;)

Wednesday, February 23, 2011

Tipe Kepribadian Orang Sukses

Saat ini, jam di tangan ku menunjukkan bahwa sekarang sudah pukul 12:30 alias jam istirahat makan siang.. tapi Bos ku belum datang juga*sigh*-_-'

Bos ku emang sering banget datang terlambat atau bahkan absen dari kantor, tapi itu dilakukan bukan karena beliau mangkir dari pekerjaannya. Beliau malah sangat sibuk dengan pekerjaannya. Lebih sibuk daripada subordinates nya, yaitu aku dan Mas Denny.

Bos ku adalah orang yang sangat aktif, supel, dan pintar. Sering kali beliau ngobrol ama teman-temannya dengan bahasa slank seperti gue-elo . Beliau juga termasuk orang yang ga bisa di 'kekang' sama waktu dan tempat. Jadi kaya kutu loncat gitu, bepergian anytime - anywhere, ga masalah buatnya (ya iyalah, kan ada supir hehe xp). Tapi hal itu yang bikin bisnis-bisnisnya bisa berjalan lancar dan sukses. Dan hal itu juga lah yang mematahkan pendapatku bahwa orang sukses itu harus punya kepribadian dan watak seorang pemimpin, punya disiplin yang tinggi, dan bla-bla-bla.. Pokoknya yang kaku dan pekerja keras gitu deh. Masa orang yang ga patuh ama waktu bisa sukses? ah ga mungkin..

saking capenya sampe ketiduran, padahal datang siang


Tipe-tipe Kepribadian Manusia

Sebelum bekerja di PPBA - Pupuk Kaltim Group ini aku sempet bolak-balik apply kerja sana-sini di kantor-kantor swasta. Aku yang punya ambisi gede buat jadi seorang entrepreneur, selalu ngerasa kurang tertantang ama kerjaan yang aku jalanin. Pengennya terus dan terus menggali hingga suatu hari aku bisa punya usaha sendiri. Tapi apesnya, berkali-kali pula aku ditolak ama perusahaan-perusahaan yang aku lamar tersebut. Gede ambisi gak ada potensi ini mah hahahahaha*ketawa miris*

Dirumah, aku interospeksi diri, "apanya yang salah??" Perasaan belajar ama persiapan udah pol-polan, dari gaya ngomong, sikap dan etika.. sampe latian malah (lebay), dandanan juga udah oke punya, apanya?? apanya?? hiks hiks.. Terus aku berasumsi sendiri, apa mungkin karena kepribadiannya? kan tiap ngelamar trus dipanggil, pasti deh tes dan interview. Kata majalah, psikotes dan interview ga cuma bertujuan untuk menilai potensi dan kemampuan seseorang, tapi juga kepribadiannya. Nah, mungkin masalahnya adalah kepribadianku yang ga sesupel orang lain, atau ga menarik? oh  no..

Haaaah.. dasarnya aku aja yang ga mu ngakuin kelemahan hehehe aku pun browsing tentang macam-macam jenis kepribadian di mbah google. Ini nih yang aku temuin:

Macam-macam kepribadian manusia dengan kecocokan pekerjaannya menurut John Holland (1985):
1. Artistik
    Orangnya kreatif dan imaginatif. cocok sebagai editor, designer grafis, guru drama&kesenian, produser, pembuat produk, arsitek lanskap.
2. Konvensional
    Orangnya suka aturan/jadual/instruksi/rutinitas. Cocok sebagai akuntan, aktuaria, inspektor keamanan, perencana keuangan, penulis teknis, sekertaris.
3. Penyelidik
    Orangnya suka bekerja sendiri, suka menyelidiki, menggunakan logika. Cocok sebagai analis sistem komputer, pengurus perpustakaan, profesor ilmu alam, insinyur software, pelaku statistik.
4. Wirausahawan
    Orangnya pandai memimpin, jeli, tipe pelaku bukan pemikir. Cocok jadi agen sales, pekrja finansial, analis manajemen, sales manager.
5. Sosialis
   Orangnya seneng bantu-bantu orang lain, pekerja teamwork, pandai berkomunikasi. Cocok jadi pelatih, guru, motivator, psikolog sekolah.

Atau yang aku temuin di http://www.kedaikarir.com/, yaitu DISC Personality:
1. Dominance
    Suka kekuasaan, suka persaingan, selalu ingin jadi yang nomor 1, risk taker, problem solver,self starter, high-ego strength, agresif, ga suka rutinitas, fokus pada tugas dan prestasi.
*Cocok jadi: pengacara, peneliti, konsultan perencanaan, karyawan transportasi, marketing konsultan, dll.
2. Influence
   Optimis, spontan, ekspresif, emosional, suka kesenangan.
*Cocok jadi demonstran, PR, Politisi, marketing, advertising, agen perhubungan, dll.
3. Steadiness
   Gigih, bisa menampung, suka bertahan, pendengar yang baik, memiliki konsentrasi yang kuat dan stabil.
*Cocok jadi administrator, insinyur, akuntan, peneliti dan pengembang.
4. Compliance
   Logis, kontemplatif, inventif, hati-hati, menahan diri, akurat.
*Cocok jadi perencana, teknisi, akademisi, statistik, quality control, dll.

Tipe Kepribadian Orang Sukses

Setelah mempelajari dan menganalisa diri sendiri, aku jadi berkecil hati. Abis, ternyata aku emang bukan termasuk tipe A atau B, tapi tipe campur-campur. Hadeeeeuh.. Ditambah otak pas-pasan, "hello... mau jadi apa ya???"

Alhamdulillah, Allah ngasi jalan untuk ketemu dengan Bos ku di PPBA. Lewat kepribadiannya, aku jadi terinspirasi bahwa semua kepribadian adalah baik dan memiliki potensi untuk sukses. Tinggal kitanya mau apa engga untuk bermimpi dan bekerja keras untuk mewujudkan mimpi tersebut? Mau gak kita terus belajar?

Kekurangan dan kelebihan bukanlah masalah asal kita mampu berkoordinasi dengan lingkungan sekitar untuk menyeimbangkannya. Manusia turunan apa yang ga punya kekurangan? Semua punya kekurangan, makanya kita harus hidup berdampingan. Makanya kita saling membutuhkan.

Sukses adalah komposisi dari kesempatan dan kesiapan diri..

Bagaimana kita mampu menciptakan kesempatan-kesempatan itu dan mampu menyikapinya dengan benar, itulah yang mempengaruhi kesuksesan seseorang. Jadi bukan tipe-tipe tertentu yang mampu mendapatkan kesuksesan. Kita semua bisa..

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua :)

Best regards and lots of love,

Cicitcuit

1 comment: